Desa Panunggalan

Kec. Pulokulon
Kab. Grobogan - Jawa Tengah

Info
MUSIM PENGHUJANG TELAH TIBA. AYO JAGA KESEHATAN DIRI DAN KELUARGA DARI DEMAM BERDARAH

Artikel

INI 7 TANAMAN PENGUSIR NYAMUK

SIP-Sistem Informasi Panunggalan

04 Februari 2024

97 Kali dibuka

Di saat musim hujan saat ini, penyakit yang disebabkan oleh nyamuk semakin meningkat pula jumlah kasusnya. Beberapa penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk yaitu Malaria dan Demam Berdarah Dengue (DBD).

Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit yang diakibatkan oleh empat jenis virus dengue yakni DEN-1, DEN-2, DEN-3, dan DEN-4. Tiap jenis memiliki karakteristik dan pola penyebarannya tersendiri. Namun, virus ini secara pasti dibawa oleh vektor nyamuk Aedes aegepti. Sedangkan, Malaria merupakan penyakit yang disebabkan oleh parasit Plasomodium.

Penyakit ini ditularkan melalui gigitan nyamuk Anopheles betina yang terinfeksi parasit tersebut. Gigitan nyamuk membuat parasit masuk, mengendap di organ hati, dan menginfeksi sel darah merah.

Nah, untuk mencegah Anda dan keluarga terinfeksi kedua penyakit ini Kementerian Kesehatan melalui Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik (DIT.P2PTVZ) menyarankan untuk :

  1. membersihkan lingkungan sekitar tempat tinggal Anda supaya tidak berpotensi jadi sarang nyamuk.
  2. cobalah untuk menanam tanaman pengusir nyamuk di rumah.

 

Diantara tanaman yang bisa digunakan untuk mengusir nyamuk adalah pohon Zodia, lavender, kemangi, sereh, mint, rosemary dan marigold.

 

Pohon Zodia Zodia (Euodia sauveolens)

 

adalah tumbuhan yang masih tergolong dari suku jeruk-jerukan (Rutacea) merupakan tanaman endemik Indonesia asal Papua. Penduduk Papua memanfaatkan tanaman itu untuk mengusir nyamuk dengan cara mengusapkan perasan daun zodia ke kulit.

Meskipun pohon Zodia pada awalnya merupakan tanaman endemik Papua, tetapi kini tanaman hias yang satu ini sudah mulai dibudidayakan di berbagai tempat. Tanaman hias ini cocok sekali untuk ditaruh di sisi ruangan rumah ataupun di atas meja.

Daun zodia mengandung zat linanool dan a-pinene yang sangat tidak disukai nyamuk. Bentuk dan warna tanaman zodia tidak kalah cantiknya dengan bunga Geranium. Di Papua, tanaman asli Indonesia ini menjadi andalan penduduk untuk mengusir nyamuk.

 

Lavender

 

Bunga lavender dikenal memiliki aroma yang menenangkan. Tanaman ini sangat terkenal sebagai pengusir nyamuk yang efektif dan seringkali digunakan sebagai campuran pengusir nyamuk komersial. Lavender menghasilkan minyak esensial dengan wangi yang disukai manusia, namun sangat dibenci oleh nyamik.

Lavender sangat tahan terhadap kekeringan dan dapat tumbuh dengan baik di lokasi dengan sinar matahari penuh dan drainase yang cukup. Tanam lavender di depan rumah, atau di ambang jendela agar nyamuk enggan masuk ke rumah.

 

Sereh atau Serai Tanaman serai atau Citronella

 

adalah tanaman pengusir nyamuk terbaik nomor satu. Tanaman ini sering digunakan sebagai bahan alami dalam semprotan pengusir nyamuk komersial, lilin, dan produk lainnya. Sereh memiliki aroma khas yang segar dan menyenangkan bagi manusia, namun tak disukai oleh nyamuk.

 

Kemangi atau Basil

 

Mungkin Anda mengenal tanaman kemangi hanya sebagai rempah tambahan memasak atupun lalapan karena aroma yang khas dan rasanya yang lezat. Namun, ternyata selain berguna untuk campuran masakan dan lalapan, Kemangi atau dikenal juga dengan Basil ini bisa digunakan sebagai pengusir nyamuk dan lalat.

 

Mint

 

Daun mint tidak hanya bisa dikonsumsi bersama teh atau coctail, namun juga bisa mengusir nyamuk. Bahkan daun mint juga efektif mengusir semut dan lalat.

 

Marigold

 

Marigold atau Tagetes erecta memiliki warna yang cerah dan bentuk yang cantik yang bisa sekaligus menghias rumah. Bunga-bunga yang dihasilkan berwarna cerah seperti,kuning, oranye, dan merah. Marigold mudah tumbuh dengan baik di tanah, di dalam pot, atau bahkan berdampingan dengan kebun sayur. Tak hanya nyamuk, marigold juga dikenal bisa mengusir hama lain.

 

Rosemary

 

Rosemary memiliki wangi kayu yang sedap. Meskipun tumbuh paling baik di iklim yang panas dan kering, ia juga toleran terhadap semua kondisi lain. Kamu bisa menanamnya sebagai tanaman pembatas untuk mempercanik tampilan taman kecilmu atau menanamnya di dalam pot.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi masyarakat untuk menanggulangi penyakit yang disebabkan nyamuk ataupun lalat.

 

Admin : Bangjin

Sumber : Sumber: Kompas.com

Kirim Komentar

Nama
Telp./HP
E-mail

Komentar

Captha

CAPTCHA Image

Komentar Facebook

Aparatur Desa

Kepala Desa

MOCH. PUJIYANTO

Sekretaris Desa

AHMAD MUNTHOHAR

Kaur Perencanaan

NGADNAN

Kaur Keuangan

NGADENAN

Kasi Kesra

YAHMAN

Kasi Pemerintahan

SRI WAHYUNI

Kadus Krajan

NUR FAIZIN, S.Pd

Kaur TU dan Umum

SYAMSUL HUDA MUH, S.Kom

Kasi Pelayanan

SIGIT DWI CAHYONO, S.Pt

Kadus Kedungwungu

BAMBANG TRI MULYANTO

Kadus Padangan

MUNAWAN

Kadus Ngampel

TRI CAHYADI

Pegawai Desa

SITI KALIFATUN MUNAFIAH

Pegawai Desa

PUJI SLAMET, S.Pd

Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri

Desa Panunggalan

Kecamatan Pulokulon, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah

Transparansi Anggaran

APBDes 2024 Pelaksanaan

Pendapatan

AnggaranRealisasi
Rp 350.000.000,00Rp 0,00

APBDes 2024 Pendapatan

Hasil Aset Desa

AnggaranRealisasi
Rp 350.000.000,00Rp 0,00

APBDes 2024 Pembelanjaan

Lokasi Kantor Desa

Latitude:-7.128751173086256
Longitude:111.07157886028291

Desa Panunggalan, Kecamatan Pulokulon, Kabupaten Grobogan - Jawa Tengah

Buka Peta

Wilayah Desa